Saturday, November 28, 2009

EMIF Keypad dan EMIF LCD 6630

Sebelumnya pernah saya terangkan mengenai EMIF Simcard pada ponsel Nokia, kali ini saya coba lagi menerangkan mengenai permasalahan EMIF Keypad dan EMIF LCD pada ponsel Nokia. Sebenarnya jalur EMIF keypad dan EMIF LCD tidak terlalu mempunyai perbedaan, hanya saja letak dan fungsinya saja yang berbeda. (lihat gambar dan perhatikan tanda titik dari EMIF)







Dari gambar diatas saya berikan contoh untuk EMIF keypad dan EMIF Lcd ponsel Nokia 6630 (beberapa tipe ponsel Nokia bisa sama), terlihat jelas dari EMIF tersebut mempunyai rangkaian jalur yang sama dengan jumlah kaki EMIF yang sama juga yaitu 25 kaki.

Permasalahan yang sering terjadi dari fungsi EMIF tersebut biasanya untuk EMIF keypad yaitu ditandai dengan fungsi keypad seperti beberapa tombol tidak berfungsi atau satu baris dari keypad tidak bisa (contohnya tombol 1,2,3 atau 1,4,7,*) dan untuk kerusakan pada EMIF LCD bisa ditandai bila gambar tidak tampil pada layar LCD. Untuk permasalahan LCD sebelumnya telah melewati pengecekan melalui software dan mencoba memasang LCD yang normal. BR...

0 comments: