Thursday, January 21, 2010

Flashing DCT-4 menggunakan UFS

Lanjut kembali dengan tutorial software, kali ini tentang bagaimana cara flashing ponsel dari Nokia DCT-4 dengan menggunakan Box UFS yang disebabkan karena kerusakan software. Bagi yang perlu informasi mengenai apa itu software silahkan dibaca mengenai penjelasan software ponsel dan bagaimana cara membedakan kerusakan software dan hardware dari ponsel yang akan Anda diperbaiki.

Setelah box service terkoneksi dengan komputer dan kabel data sudah terpasang, lanjutkan dengan menekan tombol Check pada program UFS DCTxBB5... yang saya contohkan disini ponsel Nokia 7250i, apabila 1st Boot OK menandakan bahwa ponsel siap untuk di-flashing (perhatikan gambar).

Catatan: Selalu pastikan bahwa ponsel telah di-back up datanya sebelum melakukan proses flashing



Untuk memeriksa firmware yang telah ada sebelumnya, bisa dilakukan dengan menekan tombol Info. (beberapa ponsel yang telah rusak firmware/mati software biasanya tidak akan menampilkan hasil, kecuali bila Anda hanya ingin melakukan up grade versi ataupun bahasa maka akan mepunyai hasil seperti ini)



Tekan tombol Flash kemudian masukkan data dari MCU dan PPM di tempat Anda menyimpan file tersebut, berikut gambar prosesnya.




Saat pengisian data berikut prosesnya dan tunggu sampai selesai.



Bila flashing berjalan normal maka hasilnya seperti ini



Untuk melihat hasil flashing, silahkan tekan tombol Info kembali. Maka akan didapatkan bahwa firmware telah berubah ke versi terakhir yang Anda flashing tadi (lihat hasil gambar Info sebelumnya).



Selesai... segera lepas kabel kemudian nyalakan ponsel, maka ponsel akan kembali normal.
Semoga bermanfaat...

Jangan lupa untuk berlangganan artikel terbaru langsung ke email Anda disini

0 comments: