Sunday, February 28, 2010

Vibrate Ponsel Yang Tidak Berfungsi

Untuk ponsel yang fasilitas getarnya tidak berfungsi, Anda perlu melakukan pemeriksaan baik pada komponen vibra maupun pada jalurnya.

Langkah penyelesaian :

1. Dengan menggunakan Multitester manual skala x1, hubungkan kabel-kabel Multitester dengan kutub positif dan negative dari komponen vibra tersebut, bila bergetar maka komponen tersebut dalam keadaan baik, tetapi bila komponen vibra tidak bergetar maka Anda perlu mengganti komponen vibra yang rusak tersebut.

2. Selanjutnya bisa dilakukan pemeriksaan bila komponen vibra tidak rusak dan tetap masih menggunakan Multitester, hubungkan kabel Multiterster dengan interface komponen vibra pada PCB ponsel, bila saat dihubungkan ada pergerakan jarum Multitester maka jalur dalam keadaan normal, sebaliknya bila tidak ada pergerakan jarum Multitester berarti terjadi jalur yang putus. Anda bisa melakukan sistem jumper langsung dari IC pengontrol UI menuju komponen vibra. Periksa juga apakah jalur positif dari battery menuju vibra dalam keadaan baik, jika jalurnya terputus maka lakukan sistem jumper pada jalur yang putus tadi, maka getar akan berfungsi kembali.

Contoh permasalahan vibra pada ponsel N95

Semoga bermanfaat..

0 comments: