Wednesday, June 6, 2012

Tips Kuliner | Sate Kambing Empuk

Bundakata - Sate Kambing adalah jenis kuliner yang banyak disukai sehingga banyak dijual di beberapa daerah dengan harga yang terjangkau. Biasanya ada 2 jenis bumbu yang digunakan yaitu bumbu kacang dan bumbu kecap manis. Bunda lebih senang sate kambing bumbu kecap denga irisan Cabe rawit, bawang putih, bawang merah, tomat dan diberi perasan jeruk nipis karena rasa bumbu kecapnya menjadi segar.

Menurut bunda, rasa sate kambing dipengaruhi oleh kualitas  dan cara memilih daging sate (kesegaran dan empuk) serta kecap yang digunakan. Sate kambing empuk yang tidak keras dan alot akan lebih enak waktu dinikmati.

Tips Kuliner untuk membuat daging kambing bahan sate menjadi daging empuk sehingga enak dimakan adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan tepung kanji.
Daging sate kambing yang sudah ditusuk dilumuri dengan tepung kanji. Diamkan kurang lebih 15 menit agar meresap. Bersihkan sisa tepung kanjinya sebelum sate dibakar
2. Menggunakan daun pepaya
Bungkus daging kambing yang sudah dipotong kecil dan belum ditusuk dengan daun pepaya. Diamkan sebentar agar zat yang terkandung dalam daun pepaya bisa meresap kurang lebih selama 20 menit. Daging jangan dicuci langsung ditusuk dan dibakar
3. Menggunakan air kelapa
Rendam daging kambing dengan air kelapa. Hal ini bermanfaat membuat daging empuk, menghilangkan bau amis pada daging, dan menambah rasa gurih.
4. Menggunakan nanas parut.
Rendam daging kambing dalam parutan nanas. Jangan merendam daging terlalu lama karena daging bisa menjadi hancur.
5. Saat membakar sate usahakan agar sate tidak terkena nyala api secara langsung karena akan membuat daging menjadi keras dan gosong, cukup sampai daging berubah warna saja.

Silahkan dicoba tips kuliner sederhana ini, semoga bermanfaat

0 comments: